Wednesday, May 12, 2010

Aromatherapy: Alternatif Yang Eksotis

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Share


Pamor aromatherapy kini sedang naik daun di kalangan pelaku dan pengajar dunia kesehatan—dan termasuk di dalamnya adalah kategori kecantikan. Dari namanya saja, aromatherapy mengacu pada hal yang eksotis, melibatkan pembauran rempah-rempah serta minyak alami. Tapi apa sebenarnya khasiat aromatherapy? Dan kenapa dunia tergila-gila terhadapnya? Kalau penasaran, yuk lanjooooot!

Tidak bisa dipungkiri lagi, nilai eksotisme aromatherapy sebagian besar bermuara pada penggunaan rempah-rempah yang bisa ditelusuri akarnya sampai ke ratusan tahun lalu. Mulai dari percobaan yang dilakukan oleh para tabib Mesir, unsur aromatherapy dikatakan bisa mempengaruhi mood, fungsi kognitif, serta kesehatan seseorang. Lantas, apa sebenarnya aromatherapy itu? Minyak, krim, dedaunan?

Jangan salah sangka dulu. Mentang-mentang namanya aromatherapy, terus kepikiran deh semua yang serba mentah. Sebagian besar produk aromatherapy terdiri dari essential oils, yang dibuat dengan menggunakan bahan rempah-rempah yang telah dikeringkan dan kemudian diproses bersama minyak balur hidrofobik (bersifat seperti embun). Rempah-rempah yang dimaksud bisa berbentuk akar, daun, bubuk, dan lain-lain. Bahkan pohon teh juga tidak jarang diambil sarinya untuk kemudian dibaurkan dengan minyak balur.

Bagaimana dengan fungsi aromatherapy?

Sejauh ini, khasiat aromatherapy belum bisa dibuktikan dengan ilmu medis; karena pada dasarnya aromatherapy merupakan bentuk pengobatan alternatif yang notabene berlawanan dengan ilmu medis ala Barat. Meski begitu, sejarah yang umurnya ratusan tahun, dan resep obat-obatan aromatherapy yang diturunkan dari generasi ke generasi tidak bisa diabaikan begitu saja. Ada sebabnya tipe perawatan/pengobatan ini diturunkan selama beratus-ratus tahun.

Beberapa fungsi utama aromatherapy terkait dengan anti-depresi (pengurangan stres), penambah awet muda, serta penangkal bakteri. Menurut sejumlah penelitian di Jepang, aroma yang dikuarkan oleh rempah-rempah pilihan tersebut memiliki khasiat melepas stres dari otak dan membuat tubuh lebih rileks, sehingga fisik lebih fit untuk beraktivitas. Selain itu, essential oils juga berkhasiat mencegah flu, mengobati gejala insomnia, serta merawat otot nyeri.

Nah, tunggu apa lagi? Yuk booking appointment kamu sekarang – mumpung ada PROMO BULAN MEI AROMATHERAPY! :)

Untuk detail, hubungi 021.452.0727


Sampai jumpa!

Thanks.
Wulandari Kelapa Gading
Salon & Spa
Jl. Raya Kopyor Q1 No. 6
Kelapa Gading
Jakarta 14240
021.452.0727

No comments:

Post a Comment